Setiap individu berhak mendapat layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisinya. Keanekaragaman peserta didik terdiri atas kondisi normal, berkebutuhan khusus maupun memiliki keunikan lainnya (individual differences). Pendidik memiliki tanggung jawab menerima peserta didik dengan kondisi apapun, termasuk memberikan pengajaran di berbagai satuan pendidikan. Memahami karakter peserta didik merupakan tantangan bagi para pendidik. Meskipun demikian, tidak jarang para pendidik keliru menerapkan pengajaran maupun penugasan kepada peserta didik dikarenakan keterbatasan dalam memahami kondisi mereka. Keanekaragaman peserta didik membutuhkan penanganan individual yang disesuaikan dengan kondisinya masing-masing. Berdasarkan hal ini, diperlukan psikoedukasi bagi para pendidik agar lebih memiliki kompetensi dalam melakukan tugas dan fungsi pengajaran sesuai dengan kondisi peserta didik yakni melakukan deteksi sederhana bagi yang diperkirakan memiliki kebutuhan khusus. Selain itu diharapkan pendidik mampu beradaptasi terhadap pengajaran dan pembelajaran yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan individual peserta didik. Memahami keunikan individual peserta didik ini dianggap perlu mengingat tidak jarang peserta didik memiliki keunggulan baik dari aspek akademik maupun non akademik.
Copyrights © 2025