JPPM : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 2, No 1 (2025): September

IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KECERDASAN BUATAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 BANDAR MASILAM

Antoro, Budi (Unknown)
Wahyuni, Dewi (Unknown)
Rahmah, Sabrina Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif guna meningkatkan kreativitas siswa SMP Negeri 1 Bandar Masilam pada mata pelajaran matematika. Permasalahan awal menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika masih rendah akibat dominasi metode pembelajaran konvensional. Melalui pendekatan partisipatif, tim pengabdi merancang dan mengaplikasikan perangkat lunak berbasis AI yang dapat dioperasikan melalui smartphone siswa. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan sosialisasi, pelatihan, pendampingan, serta evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kreativitas siswa, yang ditunjukkan melalui perbandingan pre-test dan post-test, serta observasi partisipatif dalam proses belajar. Implementasi aplikasi ini terbukti efektif sebagai inovasi pembelajaran, sekaligus memberikan kontribusi pada pemanfaatan teknologi AI di bidang pendidikan menengah. Program ini diharapkan menjadi model pengembangan pembelajaran interaktif yang dapat direplikasi pada sekolah lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppm

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JPPM : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan salah satu wadah penting yang disediakan oleh Academy. Jurnal ini dirancang khusus untuk membantu para akademisi, peneliti, dan praktisi dalam menyebarluaskan hasil-hasil penelitian mereka. Hasil penelitian tersebut diimplementasikan ...