Penelitian ini menganalisis pemanfaatan Wolfram Alpha sebagai media digital untuk mendukung berpikir komputasional siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dipadukan dengan eksplorasi langsung fitur Wolfram Alpha melalui beberapa contoh input (fungsi/grafik, turunan langkah demi langkah, dan data/statistika). Hasil analisis menunjukkan bahwa Wolfram Alpha berpotensi memperkuat empat komponen utama berpikir komputasional: (1) algoritma, melalui penyajian langkah penyelesaian yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana verifikasi dan perbaikan prosedur; (2) dekomposisi, melalui dukungan pemecahan masalah bertahap dengan keluaran terstruktur; (3) pengenalan pola, melalui visualisasi dan perbandingan berbagai variasi kasus untuk menemukan keteraturan; dan (4) abstraksi, melalui penyaringan informasi esensial dan penyusunan generalisasi dari berbagai representasi (simbolik, numerik, dan grafik). Namun, temuan juga menegaskan bahwa kontribusi Wolfram Alpha terhadap berpikir komputasional tidak bersifat otomatis; efektivitasnya sangat ditentukan oleh desain tugas dan kontrol pedagogis agar aplikasi berfungsi sebagai alat eksplorasi, verifikasi, dan refleksi, bukan sekadar mesin jawaban instan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan skenario pembelajaran yang menuntut siswa menyusun solusi awal, membandingkan hasil dengan keluaran Wolfram Alpha, melakukan revisi, serta menyimpulkan pola dan prinsip umum.proses pembelajaran guna mendorong keterampilan berpikir logis dan sistematis siswa.
Copyrights © 2024