Teknologi sangat berpengaruh di dunia persaingan bisnis yang semakin ketat sehingga pebisnis harusmencari strategi untuk meningkatkan hasil penjualan di tengah persaingan bisnis. Penjual kuliner haruspintar dalam memanajemen stok maupun membuat strategi dalam menjual makanan dan minuman. Datatransaksi dapat diolah menjadi informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan hasil penjualan, salahsatunya dapat dijadikan sebagai Analisa aturan asosiasi transaksi pembeli dalam melakukan pembelianmakanan dan minuman sehingga dapat mendukung pengambilan sebuah keputusan terhadap persediaanmakanan minuman dan dapat membantu pemilik dalam merekomendasikan makanan dan minumanlainnya kepada pembeli dalam strategi cross selling. Mengetahui makanan dan minuman yang seringdibeli akan menjadi prioritas utama yang harus disediakan agar tidak terjadi kekosongan stok. Dalammasalah ini data mining sangatlah diperlukan untuk mengelola data transaksi penjualan makanan danminuman pada Warung D’Kriuk menggunakan Algoritma Hash Based. Algoritma Hash Based yangdapat menentukan frequent itemset dari kandidat itemset secara optimal. Dalam penerapannya dalampenentuan aturan asosiasi penjualan makanan dan minuman dengan menerapkan Algoritma Hash Basedhingga mendapatkan frequent itemset untuk 3 itemset Ayam Geprek Sambel Korek, Nasi Putih dan Aqua600ml yang merupakan kombinasi 3 itemset menu makanan yang diprioritaskan dalam penjualan dengannilai support 10% dan confidance 50%.
Copyrights © 2025