Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

PENERAPAN DISIPLIN POSITIF MELALUI KESEPAKATAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA TUNAGRAHITA

Utari, Ni Ketut Sri Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Disiplin positif dapat dilakukan melalui kesepakatan atas kesepakatan-kesepakatan atau prinsip-prinsip dasar bersama di antara para warga kelas. Tujuan dari praktik baik ini adalah membiasakan siswa Kelas VIIIa SMPLB Tunagrahita di SLB Negeri 1 Badung untuk berperilaku disiplin positif melalui kesepakatan kelas agar disiplin belajarnya meningkat. Upaya peningkatan disiplin belajar siswa dilakukan dengan penerapan disiplin positif melalui kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas ini dibuat dengan proses curah pendapat dari seluruh siswa dengan bimbingan guru. Pemantauan perilaku siswa selama menjalankan kesepakatan kelas dilakukan oleh guru dengan bantuan lembar observasi perilaku disiplin positif siswa sesuai poin dalam kesepakatan kelas. Pada lembar observasi tersebut guru juga dapat memberikan catatan dampak penerapan kesepakatan kelas terhadap situasi belajar. Hasil praktik baik ini yaitu penerapan disiplin positif melalui kesepakatan kelas dapat meningkatkan disiplin belajar siswa. Penerapan disiplin positif melalui kesepakatan kelas membuat siswa dengan sendirinya mengurangi perilaku tidak disiplinnya. Disiplin belajar siswa mulai meningkat ditandai dengan perilaku disiplin positif yang mulai ditunjukkan siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3. Pengembangan Bahan Ajar ...