Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

STUDI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS: IMPLEMENTASI MATAKULIAH PENDIDIKAN ABK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Owa, Yosefa Kafasin (Unknown)
Kero, Maria Alfonsa (Unknown)
Itu, Maria Alexandria (Unknown)
Ledu, Maria Goreti Gowa (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Hakikat pendidikan merupakan suatu hal penting yang sangat dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literatur tentang Hakikat anak berkebutuhan khusus dan penerapannya dalam pendidikan di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri artikel-artikel dari jurnal elektronik yaitu melalui google cendekia yang dapat memperkuat hasil analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu organizer, synthesize, dan identity. Hasil penelitian menunjukan bahwa Setiap peserta didik berhak memperoleh pelayanan dan kemajuan Pendidikan yang signifikan, terlepas dari mereka yang normal dan mereka yang memiliki keterbatasan fisisk maupun mental. Sekolah luar biasa yang didirikan untuk anak berkebutuhan khusus memberikan pembelajaran tentang berbagai hal seperti layaknya anak normal walaupun jauh dibawah orang normal, yang bertujuan agar kelak mereka tidak bergantung pada orang lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3. Pengembangan Bahan Ajar ...