Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

MANAJEMEN PENDIDIKAN YANG MENGAKOMODASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDEKATAN HOLISTIK

Mustaqim, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pentingnya manajemen pendidikan holistik bagi anak-anak berkebutuhan khusus dalam lingkungan pendidikan inklusif. Kajian ini menggunakan pendekatan kajian literatur. Analisis data dengan mengolah secara komprehensif dari kajian yang telah ditelaah. Konsep inklusi pendidikan menjadi dasar utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang memperhatikan keberagaman dan kebutuhan individual. Pembahasan meliputi strategi manajemen pendidikan yang mencakup integrasi kurikulum, pengembangan program pendidikan individual, serta peran lingkungan pendidikan dalam mendukung anak-anak berkebutuhan khusus. Kajian ini mengidentifikasi tantangan dalam menerapkan manajemen pendidikan holistik, seperti kurangnya pelatihan untuk tenaga pendidik dan keterbatasan sumber daya, sambil menawarkan solusi yang mungkin untuk mengatasi hambatan tersebut. Melalui kolaborasi antara pendidik, orang tua, komunitas, dan lembaga terkait, artikel ini menyuarakan pentingnya upaya bersama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif bagi semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3. Pengembangan Bahan Ajar ...