Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH SEKOLAH PENYELENGGARA INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TERAS

Cahyaningtyas, Arifah Yuni (Unknown)
Karina Wahyu Tri Puji Hastuti (Unknown)
Rachma Idria Pinasti (Unknown)
Minsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Anak dengan kebutuhan khusus sama dengan anak pada umumnya yakni mempunyai hak dalam memperoleh pendidikan. Namun kebanyakan dari mereka mengalami keterbatasan akses dalam hal pendidikan. Pendidikan inklusif menjadi alternatif yang dapat diterapkan guna mengatasi permasalahan anak dengan kebutuhan khusus. Pendidikan inklusi bertujuan guna memberi anak berkebutuhan khusus (ABK) lebih banyak fasilitas dan layanan pendidikan. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi masalah yang dihadapi pada pendidikan inklusi di jenjang SD. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian di SDN 1 Teras diketahui ada banyak masalah dalam menjalankan pendidikan inklusi. Kurangnya pemahaman pembelajaran untuk anak dengan kebutuhan khusus oleh guru pengampu kelas dan guru pendamping menjadi masalah utama bagi tenaga pendidik. Permasalahan lain adalah kurangnya dukungan sistem terkait kebutuhan anak dengan kebutuhan khusus oleh orangtua, masyarakat serta pihak-pihak yang terlibat lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3. Pengembangan Bahan Ajar ...