Jurnal Psikoedukasia
Vol. 1 No. 2 (2023): Psikoedukasia

HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA XI IPS

Laily, Laily Nabiyunna Hasni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Masih ditemukan adanya self efficacy dan self reulated learning adalah dasar penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara Self Efficcay Dengan Self Regulated Learning Siwa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangsri. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 150. Sampel penelitian ini sebanyak 120 orang siswa yang ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self efficacy dan skala Self Regulated Learning. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis (Ha) diterima dan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan signifikan antara Self Efficcay dengan Self Regulated Learning Siwa Kels XI IPS SMA Negeri 1 Bangsri. Dengan tingkat korelasi jika dilhat dari nilai Pearson Correlation -0,082 yang berarti tingkat korelasinya sangat rendah. Berdasarkan F hitung yaitu 174,841 dengan tingkat taraf signifikansi sebersar 0,000, dimana hasil tersebut bisa diartikan kurang dari 0,5, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara variable X ( self efficacy ) dan variable Y ( self regulated learning ) dengan presentase sebanyak 59,7%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedu

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results ...