Penelitian ini bertolak dari masih banyak peserta didik yang belum mencapai ketuntasan mengartikan asmaul husna . Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan kemampuan mengartikan asmaul husna peserta didik kelas II SD Negeri Bambalo Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik mengartikan asmaul husna dengan menggunakan strategi card sort pada SD Negeri Bambalo Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una khususnya peserta didik kelas II. Dengan jumlah peserta didik 12 peserta didik. Kemampuan mengartikan Asmaul Husna yang diperoleh pada data sebelum tindakan adalah 25,55 dengan 16,66% atau 2 peserta didik yang tuntas memperoleh nilai minimal 65 sesuai standar KKM. Setelah diterapkan strategi card sort pada siklus pertama, di peroleh rata-rata kemapuan mengartikan Asmaul Husna adalah 58,60 dengan ketuntasan 16,66% atau 2 peserta didik. Siklus ke dua meningkat menjadi 79,85 dengan ketuntasan 91,66% atau 11 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri Bambalo Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una. Dengan demikian hipotesis tindakan penelitian ini dapat diterima.
Copyrights © 2025