Jurnal Inovasi Pendidikan Profesi Guru
Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Profesi Guru

Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Mengartikan Asmaul Husna Melalui Strategi Card Sort Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II Di SD Negeri Bambalo

Ayu, Nur (Unknown)
Hamka, Hamka (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertolak dari masih banyak peserta didik yang belum mencapai ketuntasan mengartikan asmaul husna . Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan kemampuan mengartikan asmaul husna peserta didik kelas II SD Negeri Bambalo Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik mengartikan asmaul husna dengan menggunakan strategi card sort pada SD Negeri Bambalo Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una khususnya peserta didik kelas II. Dengan jumlah peserta didik 12 peserta didik. Kemampuan mengartikan Asmaul Husna yang diperoleh pada data sebelum tindakan adalah 25,55 dengan 16,66% atau 2 peserta didik yang tuntas memperoleh nilai minimal 65 sesuai standar KKM. Setelah diterapkan strategi card sort pada siklus pertama, di peroleh rata-rata kemapuan mengartikan Asmaul Husna adalah 58,60 dengan ketuntasan 16,66% atau 2 peserta didik. Siklus ke dua meningkat menjadi 79,85 dengan ketuntasan 91,66% atau 11 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri Bambalo Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una. Dengan demikian hipotesis tindakan penelitian ini dapat diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jinpig

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Profesi Guru didedikasikan sebagai wadah publikasi hasil penelitian serta pengembangan wacana dalam isu-isu pendidikan dan profesi guru di Indonesia. Pengelola dengan hangat mengundang para guru, dosen, dan praktisi di bidang pendidikan untuk menyumbangkan kontribusi ...