Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Berdasarkan berbagai sumber akademik, studi ini menganalisis bagaimana strategi PjBL mendorong berpikir kreatif melalui pemecahan masalah dunia nyata, kolaborasi, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Literatur yang dikaji menunjukkan bahwa PjBL mendorong siswa untuk mengekspresikan ide orisinal, mengambil inisiatif, dan terlibat dalam proses pembelajaran reflektif. Pembelajaran berbasis pengalaman ini memperkuat kreativitas melalui aktivitas langsung dan proyek lintas mata pelajaran. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dan pentingnya lingkungan belajar yang mendukung eksperimen dan rasa ingin tahu juga ditekankan. Meskipun memiliki banyak manfaat, literatur juga mengungkapkan tantangan dalam penerapan PjBL, seperti keterbatasan kurikulum, kesiapan guru, dan masalah dalam penilaian. Studi ini menyimpulkan bahwa PjBL, jika diterapkan secara efektif, dapat meningkatkan potensi kreatif siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan dalam dunia pendidikan dan kehidupan nyata.
Copyrights © 2024