Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Mahasiswa Generasi Z Melalui Model Pembelajaran Hybrid yang Efektif

Suprianto, Bagus (Unknown)
Laila, Nuraini (Unknown)
Rokhmah, Rokhmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Pembelajaran hybrid, yang mengintegrasikan kedua metode pembelajaran daring dan luring, telah muncul sebagai model pendidikan yang fleksibel dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pembelajaran hybrid dalam meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa Generasi Z di institusi pendidikan tinggi. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji manfaat, tantangan, dan prospek implementasi pembelajaran hybrid, dengan fokus pada dampaknya terhadap motivasi belajar, kinerja akademik, dan adaptasi teknologi mahasiswa hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran hybrid menawarkan keuntungan signifikan, seperti peningkatan fleksibilitas, aksesibilitas, dan kemampuan untuk memenuhi beragam preferensi belajar. Mahasiswa dapat memanfaatkan fleksibilitas dalam mengakses materi secara daring, sambil tetap terlibat dalam interaksi tatap muka selama sesi luring. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur, kesenjangan digital, dan kebutuhan akan pelatihan teknologi yang memadai bagi mahasiswa dan dosen makalah ini menyimpulkan bahwa pembelajaran hybrid memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas dan fleksibilitas pendidikan, asalkan institusi mengatasi tantangan terkait teknologi dan kesiapan dosen. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan dan pengembangan infrastruktur, serta pelatihan bagi pendidik, untuk memastikan keberhasilan implementasi pembelajaran hybrid di masa depan.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...