Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-Nilai Keislaman Siswa Madrasah Tsanawiyah

Aziz, Abdul (Unknown)
Akbar, Hamdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penanaman nilai-nilai keislaman kepada siswa Madrasah Tsanawiyah menjadi tantangan tersendiri dalam era digital yang penuh dengan dinamika sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur (library research). Data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah, seperti jurnal nasional dan internasional, buku metodologi, serta laporan penelitian delapan tahun terakhir yang relevan dan dapat diakses melalui Google Scholar. Analisis dilakukan dengan pendekatan thematic analysis guna mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul. Hasil kajian menunjukkan bahwa model PjBL mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa, memfasilitasi pembelajaran kontekstual, serta memperkuat internalisasi nilai-nilai Islam melalui aktivitas proyek yang terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran berbasis proyek juga mendorong terbentuknya karakter religius, sikap kolaboratif, dan keterampilan reflektif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa PjBL merupakan pendekatan yang efektif untuk mengembangkan pembelajaran PAI yang bermakna dan transformatif di lingkungan Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran PAI yang lebih inovatif dan aplikatif.    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...