Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi inovasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Al-Qur'an Hadis di Madrasah Tsanawiyah. Menggunakan metode studi pustaka (literature review), artikel ini mengkaji berbagai sumber ilmiah terkini yang relevan dan terpublikasi dalam delapan tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dalam pembelajaran agama Islam mampu menciptakan interaksi belajar yang lebih adaptif, personal, dan interaktif, yang berdampak positif terhadap peningkatan partisipasi aktif siswa. Data kepustakaan yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik menunjukkan bahwa keterlibatan siswa meningkat secara signifikan setelah penerapan AI, seperti dalam aspek menjawab pertanyaan, diskusi, serta refleksi nilai keagamaan. Dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, studi ini menegaskan adanya kontribusi signifikan dalam konteks pendidikan Islam di era digital. Temuan ini juga menegaskan pentingnya kesiapan guru, infrastruktur digital, serta kurikulum yang adaptif sebagai faktor pendukung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi guru, pengambil kebijakan, dan peneliti untuk mengembangkan pembelajaran agama yang lebih kontekstual, partisipatif, dan berbasis teknologi.
Copyrights © 2025