Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 3 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Analisis Pemanfaatan Film Edukasi Islami sebagai Media Penanaman Nilai-Nilai Moral Siswa

Ridwan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2025

Abstract

Dalam lanskap digital kontemporer, para pendidik semakin mengeksplorasi media dinamis untuk melengkapi metode pedagogis tradisional untuk pendidikan moral. Film pendidikan Islam telah muncul sebagai alat yang ampuh dan relevan secara budaya untuk melibatkan siswa dan menyampaikan prinsip-prinsip etika yang kompleks. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan film-film ini sebagai media pedagogis khusus untuk menanamkan nilai-nilai moral pada siswa. Menggunakan metodologi kualitatif berdasarkan penelitian perpustakaan, penelitian ini secara sistematis mensintesis temuan dari berbagai sumber ilmiah, termasuk jurnal akademik tentang pedagogi media, buku tentang pendidikan Islam, dan penelitian sebelumnya tentang pembentukan karakter. Analisis mengungkapkan bahwa efektivitas film edukasi melampaui penyampaian konten belaka. Kekuatan utama mereka terletak pada menumbuhkan keterlibatan emosional dan empati, memungkinkan siswa untuk mengalami dilema moral dan konsekuensinya melalui narasi yang dapat dihubungkan. Literatur secara konsisten menyoroti bahwa film berfungsi sebagai katalis yang kuat untuk pembelajaran perwakilan, di mana siswa dapat memodelkan perilaku dan kebajikan positif (akhlaq) yang ditampilkan oleh karakter. Namun, temuan tersebut juga sangat menunjukkan bahwa potensi film ini hanya sepenuhnya terwujud melalui implementasi pedagogis strategis. Peran guru dalam memfasilitasi persiapan pra-melihat dan, yang paling penting, diskusi reflektif pasca-menonton adalah yang terpenting. Melalui dialog terpandu inilah pelajaran moral abstrak dikontekstualisasikan dan diinternalisasikan. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun film pendidikan Islam adalah media yang berharga, kemanjurannya tidak melekat tetapi bergantung pada kerangka pedagogis yang terstruktur di mana guru bertindak sebagai fasilitator kritis, mengubah tampilan pasif menjadi proses aktif penalaran moral dan pengembangan karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...