ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL)
Vol. 2 No. 2 (2025): (JANUARY) ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL)

Toleransi Antar Umat Beragama Orang Tobelo dan Orang Galela di Desa Daeo Majiko, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara

Hadad, Mufida (Unknown)
Santie, Yoseph D.A. (Unknown)
Mesra, Romi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripisikan tentang pola toleransi antar umat beragama antar umat Islam dan umat Kristen yang terbentuk di desa Daeo Majiko Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dan observasi atau pengamatan secara langsung dan melakukan wawancara (Interview). Hasil penelitian terhadap masyarakat di Desa Daeo Majiko Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai menunjukan bahwa toleransi di Desa Daeo Majiko sangat baik sehingga interaksi sosial antar kedua agama pun baik di lihat. Dengan adanya perbedaan agama yang terdapat di Desa Daeo Majiko tentunya bukan menjadi suatu pengahalang terjadinya kehidupan amsyarakat yang rukun dan damai dikalangan masyarakat antar umat beragama di Desa Daeo Majiko, tentunya mereka memiliki sikap toleransi yang sangat dijaga dan di junjung tinggi di kehidupan sehari-hari baik dalam menyikapi suatu perbedaan tatacara beribadah yang ada di antara kedua agama tersebut. Meskipun Agama Kristen di Desa Daeo Majiko sebagai agama minoritas tapi tidak menutup kemungkinan bagi Agama Islam untuk tidak dan menjalankan agama dan kepercayaan yang di anut mereka sehingga dapat menghasilkan tinggkat toleransi yang tinggi. Bagi Agama Islam maupun Agama Kristen sadar akan toleransi yang mereka laksanakan berdasarkan ajaran agama yang mereka yakini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eticjournal

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL) publish research and theoretical articles in the fields of education and social sciences and analyze various educational and social science issues. The contents of this journal offer a truly valuable resource for educators and educational scientists in all ...