PAEDAGOGIE
Vol 16 No 1 (2021)

Meningkatkan Kreativitas, Hasil Belajar, dan Antusiasme melalui Teknik Pemodelan Kinestetik Produktif Berbantuan Media “3R Activity” pada Mata Pelajaran IPS

Ratnasari, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir analisis sintesis melalui teknik pemodelan kinestetik produktif berbantuan media 3R Activity. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahap yang dikembangkan oleh Kemmish & Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banjarnegara dengan melibatkan 32 siswa kelas VIIE. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang cukup signifikan terkait kreativitas dan kemampuan berpikir analisis sintesis siswa kelas VIIE. Berdasar data yang diperoleh, jumlah siswa yang memiliki kreativitas meningkat. Pada prasiklus hanya ada 4 peserta didik (13,75%), siklus I menjadi 10 peserta didik (31,25%), dan siklus 2 meningkat menjadi 25 peserta didik (78,13%). Untuk hasil belajar siswa, juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus hanya ada rata-rata nilai siswa hanya 69,34, pada siklus I meningkat menjadi 73,20, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 78,00. Terakhir yaitu antusias siswa dalam pembelajaran. Pada prasiklus hanya ada 7 peserta didik yang antusias, namun pada siklus I meningkat menjadi 15 peserta didik dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 17 siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogie bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan. Jurnal ini menjadi wadah bagi peneliti, pendidik, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk bertukar gagasan dan temuan ilmiah terkait teori, praktik, serta inovasi pendidikan. Ruang ...