Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Penelitian yang dilakukan termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bulusari 2 Kabupaten Brebes dengan melibatkan 42 siswa kelas IIIA. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Pada siklus 1, motivasi belajar siswa mencapai 72% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 93,55%. Peningkatan motivasi belajar juga dibarengi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pada Siklus 1 yaitu dengan ketuntasan belajar mencapai 55%, meningkat pada siklus 2 menjadi 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI.
Copyrights © 2021