PAEDAGOGIE
Vol 16 No 1 (2021)

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Mata Pelajaran PAI

Rosihin, Rosihin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Penelitian yang dilakukan termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bulusari 2 Kabupaten Brebes dengan melibatkan 42 siswa kelas IIIA. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Pada siklus 1, motivasi belajar siswa mencapai 72% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 93,55%. Peningkatan motivasi belajar juga dibarengi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pada Siklus 1 yaitu dengan ketuntasan belajar mencapai 55%, meningkat pada siklus 2 menjadi 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education Other

Description

PaedagogieĀ bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan. Jurnal ini menjadi wadah bagi peneliti, pendidik, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk bertukar gagasan dan temuan ilmiah terkait teori, praktik, serta inovasi pendidikan. Ruang ...