PAEDAGOGIE
Vol 18 No 1 (2023)

Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik pada Guru Pendidikan Agama Islam

Rohmat, Rohmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penialain prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada guru PAI SMP/SMK/SMA Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus dengan tahapan persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas empat kegiatan pokok yakni pengumpulan data awal, data hasil analisis setiap akhir siklus, serta tanggapan lain dari guru terhadap pelaksanaan supervisi edukatif model kolaboratif. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitafif. Analisis kualitatif digunakan untuk menjelaskan perubahan perilaku guru dalam pembelajaran dan perilaku supervisor dalam melaksanakan supervisi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya supervisi teman sejawat dan edukatif kolaboratif dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar dan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education Other

Description

PaedagogieĀ bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan. Jurnal ini menjadi wadah bagi peneliti, pendidik, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk bertukar gagasan dan temuan ilmiah terkait teori, praktik, serta inovasi pendidikan. Ruang ...