EDUKASI : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan
Vol 9 No 1 (2017): Vol. 9 No. 1 Juni 2017

Pemberian Punishment untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak

Sugiyadi, Sugiyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Pemberian punishment pada anak bertujuan untuk mengurangi perilaku hiperaktif pada anak Bustanul Atfal “Aisyiah Kalijoso Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan desain ecsperimen research dengan menggunakan 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari rencana ecsperimen, treatment, observasi dan refleksi. Variabel penelitian ini adalah perilaku hiperaktif anak sebagai variabel input, variabel proses yaitu pemberian perlakuan punishment, dan berkurangnya perilaku hiperaktif anak sebagai variabel output. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sebagai sumber data primer yaitu frekuensi perilaku hiperaktif anak, dan hasil wwancara sebagai data skunder. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus persentase dengan indikator ketercapaian minimal 50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian perlakuan punishment dapat mengurangi perilaku hiperaktif sebesar 67% pada IFP dan 64% pada RTY, dengan rata-rata persentase pengurangan perilaku hiperaktif sebesar 65.%. kesimpulan penelitian adalah pemberian perlakuan punishment dapat mengurangi perilaku hiperaktif pada anak Bustanul Atfal “Aisyiah Kalijoso Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Edukasi publishes research manuscripts in the field of education. Work must be of a quality and context that the Editorial Board think would be of interest to a reader. The aims and scope of the journals are to: • Provide a journal that reports research on topics that are of significance across ...