EDUKASI : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan
Vol 9 No 2 (2017): Vol. 9 No. 2 Desember 2017

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN PETA PIKIRAN

Sugiarti, Iis Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini yaitu kesadaran perlunya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran didasarkan adanya kenyataan bahwa sebagian besar peserta didik tidak mampu menghubungkan materi IPS dan bagaimana pemanfaatnya dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain perangkat pembelajaran IPS, mengkaji kevalidan, mengkaji keefektifan, dan mengkaji kepraktisan perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan mengacu pada model dari Plomp meliputi: 1)Investigasi Awal, 2)Perancangan, 3)Realisasi/Konstruksi, dan 4)Tes, Evaluasi, dan Revisi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa: buku guru dan buku peserta didik. Hasil penelitian adalah 1) Model pembelajaran didesain berdasarkan warna dan gambar dalam peta pikiran yang memiliki makna tersendiri dan erat kaitannya dengan lingkungan. 2)Perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran adalah valid dengan rata-rata validasi 3,18 kategori sangat baik, 3)Perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran adalah efektif dengan rata-rata 83 skor ketuntasan klasikal > skor KKM 75. Artinya 18 peserta didik (78%) telah memenuhi nilai KKM dan 5 peserta didik (21%), 4) Perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran adalah praktis dengan perolehan persentase respon guru 77,08% dan respon siswa 77,22% dengan kategori baik. Implementasi dari pembelajaran ini, peserta didik dapat menanamkan sikap peduli kepada lingkungan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Edukasi publishes research manuscripts in the field of education. Work must be of a quality and context that the Editorial Board think would be of interest to a reader. The aims and scope of the journals are to: • Provide a journal that reports research on topics that are of significance across ...