MAFEBIS: Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Vol 2, No 2 (2024): MEI 2024

PENGARUH KEAMANAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PAKAIAN JADI PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus pada Masyarakat Padang Tiji Kabupaten Pidie)

Maulita, Ayu (Unknown)
Isnaini, Teuku (Unknown)
Akmal, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Keamanan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Produk Pakaian Jadi Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Padang Tiji Kabupaten Pidie)”. Dimana variabel independen yaitu Keamanan (X1), Kemudahan (X2), Kualitas Informasi (X3) dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Padang Tiji Kabupaten Pidie yang melakukan transaksi online di aplikasi Shoppe. Kemudian digunakan metode Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel dalam penilitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji f dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 1,341 + 0,152 X1+ 0,578 X2 + 0,282 X3. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti, ternyata variabel kemudahan (X2), mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 57,8%  terhadap Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Secara Online Produk Pakaian di Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Padang Tiji Kabupaten Pidie). Pengaruh antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Keamanan (X1), Kemudahan (X2) dan Kualitas Informasi (X3) terhadap Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Secara Online Produk Pakaian di Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Padang Tiji Kabupaten Pidie) dengan indeks korelasi sebesar 96,2% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat.   Kata kunci : Keamanan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Keputusan Pembelian

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAFEBIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

MAFEBIS : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jabal Ghafur merupakan jurnal bulanan yang menyajikan 5 (lima) tulisan tentang Ekonomi dan Bisnis. MAFEBIS : Jurnal antara kajian-kajian teoritis dan kajian praktis guna pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis ...