Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Testimoni dan Kebutuhan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Ekspetasi Pelanggan Sebagai Variabel Moderating Studi Kasus Online Shop Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Dimana variabel independen (X) yaitu testimoni dan kebutuhan pribadi variabel moderating (Z) yaitu ekspetasi pelanggan dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung estimoni terhadap keptusan pembelian positif dan tidak signifikan. pengaruh langsung estimoni terhadap ekspetasi pembelian positif dan signifikan. pengaruh langsung testimoni terhadap keputusan pembelian positif dan tidak signifikan. pengaruh langsung kebutuhan pribadi terhadap ekspetasi pembelian positif dan signifikan pengaruh langsung ekspetasi pelanggan terhadap keputusan pembelian positif dan signifikan Kata Kunci : Testimoni, Kebutuhan Pribadi, Keputusan Pembelian, Ekspetasi Pelanggan
Copyrights © 2025