Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan

Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Homework Assignment Untuk Mengurangi Perilaku Berpikir Stereotip di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya

Nurhalimah, Yunita (Unknown)
Fatchurahman, M. (Unknown)
Andi Setiawan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Rational Emotive Behavior Therapy teknik homework assignment untuk mengurangi perilaku berpikir stereotip di SMA Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Jumlah sampel penelitian sebanyak 12 siswa X-1 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Non-Probability Sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test atau analisis data dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment efektif menurunkan perilaku berpikir stereotip siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Paired Sample T-Test, yang menunjukan bahwa perilaku berpikir stereotip mengalami penurunan rata-rata pre-test 1007 dengan rata-rata 83.92 dan post-test 1238 dengan rata-rata 103.17. Artinya pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment dapat menurunkan perilaku berpikir stereotip peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan is a national journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year in June and December by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. ...