Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan

Penerapan Metode Kooperatif Face to Face Promotive Interaction Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangkaraya

Sahida, Hanna Olivia (Unknown)
Nurbudiyani, Iin (Unknown)
Purtina, Arna (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas pembelajaran IPS dikelas IX-A SMP Muhammadiyah Palangka Raya dengan model pembelajaran kooperatif Face to Face Promotive Interaction, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya dengan model pembelajaran kooperatif Face to Face Promotive Interaction. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya meningkat. Hasil belajar peserta didik pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 67,88 dan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,26 dengan presentase ketuntasan klasikal 85%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan is a national journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year in June and December by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. ...