Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan

Analisis Kurangnya Minat Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah Tahun Ajaran 2021/2022

Sari, Yuline Ambun (Unknown)
Hendri, Hendri (Unknown)
Riadin, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurangnya minat membaca pemahaman pada peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah untuk memotivasi hasil belajar peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Concluding Drawing). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kelebihan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah tahun ajaran 2020/2021 yaitu 1) menarik perhatian peserta didik, 2) memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses belajar, 3) membantu peserta didik mengingat lebih lama tentang materi, 4) membantu peserta didik menjadi lebih aktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan is a national journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year in June and December by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. ...