Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan

Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Karakter dan Digital Meyongsong Perang Dagang Internasional

Nurbudiyani, Iin (Unknown)
Suyati, Endang Sri (Unknown)
Verawati, Verawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Studi ini mengkaji bagaimana cara menemukan model pembelajaran kewirausahaan yang dapat membangun karakter siswa yang berketerampilan berwirausaha, menghasilkan perangkat model pembelajaran kewirausahaan, dan menemukan model pembelajaran kewirausahaan yang dapat dilaksanakan dan berfungsi untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan. Study ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (R&D), yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu: investigasi, perancangan, realisasi, dan evaluasi, dengan rangkaian kegiatan: validasi, uji coba dan revisi. Tingkat kesepakatan antar penilai dianalisis dengan statistik Coefficient Cohen’s Kappa dan Percentage of Agreement. Yang menjadi subjek studi adalah siswa dan guru kewirausahaan. Temuan studi menunjukkan bahwa di era digital pembelajaran kewirausahaan yang di kelola dengan baik akan menghasilan lulusan yang berkarakter dan berketerampilan baik, sedangkan perangkat model pembelajaran yang dihasilkan adalah buku panduan model pembelajaran kewirausahaan lengkap dengan perangkatnya, buku panduan model pembelajaran dan perangkatnya tidak hanya dihasilkan tetapi dapat dilaksanakan dan berfungsi baik untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa. Diseminasi keterampilan berwirausaha siswa selain pemahaman teoritik melalui proses pembelajaran di kelas juga melalui, magang, praktik langsung dengan mengerjakan soal-soal menggunakan lembar kerja atau jobsheet. Dalam praktiknya, diseminasi keterampilan berwirausaha masih dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti sumber daya manusia yang memiliki karakter dan semangat berkemajuan untuk mengajar sesuai dengan dinamika isu-isu bisnis kontempor, kurangnya profesionalisme guru, perubahan kurikulum, kurangnya fasilitas dan infrastruktur sekolah, keterbatasan waktu dalam mempraktikkan teori-teori kewirausahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan is a national journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year in June and December by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. ...