Pada pembelajaran IPAS di kelas IV B SD Negeri 2 Palangka, guru belum menerapkan model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif dari siswa. Pembelajaran lebih berpusat pada guru, sehingga guru mendominasi proses belajar tanpa memberikan kesempatan yang cukup bagi siswa untuk berpartisipasi aktif. Akibatnya, pembelajaran menjadi pasif, membuat siswa kurang tertarik sehingga berpengaruh pada rendahnya pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPAS peserta didik kelas IV B SD Negeri 2 Palangka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik IV SD B SD Negeri 2 Palangka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD B Negeri 2 Palangka yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan observasi, sedangka analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode pada peserta didik kelas IV B SD Negeri 2 Palangka masuk dalam kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode pada peserta didik kelas IV B SD Negeri 2 Palangka, terbukti dari hasil pra tindakan dengan rata-rata 35,86 dengan ketuntasan klasikal 8,69%, pada Siklus I dengan rata-rata 58,04 dengan ketuntasan klasikal 43,47% dan Siklus Il dengan rata-rata 84,83 dengan ketuntasan klasikal 95,65% yang berarti hampir seluruh peserta didik telah mencapai nilai minimal yang ditetapkan.
Copyrights © 2025