Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi nilai kebersihan melalui media interaktif pada wahana Soklin di KidZania Surabaya bagi siswa SD. Permasalahan kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan pada anak-anak usia sekolah dasar masih menjadi tantangan di Indonesia. Wahana edukasi interaktif seperti simulasi dan menarik untuk menanamkan nilai-nilai positif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif pada wahana Soklin, yang meliputi simulasi mencuci pakaian, identifikasi jenis-jenis detergent dan softener, dan permainan edukatif lainnya, berhasil menarik perhatian siswa SD. Pengalaman langsung dalam melakukan aktivitas kebersihan secara menyenangkan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Interaksi dengan Zupervisor yang berperan sebagai fasilitator juga turut mendukung proses internalisasi nilai-nilai keberhasilan. Implikasi dari penilaian ini adalah pentingnya pengembangan media edukasi interaktif yang relevan dan menarik untuk menanamkan nilai-nilai karakter sejak dini.
Copyrights © 2025