Penelitian dan publikasi ilmiah berkualitas tinggi merupakan indikator penting dari kemajuan akademik sebuah universitas. Program Pelatihan Mendeley ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah mahasiswa Universitas Dharmawangsa dengan membekali mereka keterampilan manajemen referensi yang efektif. Pelatihan ini melibatkan 50 mahasiswa dari berbagai program studi, difokuskan pada pengenalan teori dan praktik penggunaan Mendeley, alat manajemen referensi yang populer. Metode pelaksanaan mencakup sesi teori dan praktik yang berlangsung selama dua hari, di mana peserta diajarkan cara mengimpor, mengelola referensi, serta melakukansitasi dan kolaborasi penelitian menggunakan Mendeley. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta kuesioner kepuasan peserta. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan mahasiswa, dengan rata-rata skor post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test (85/100 dibandingkan 55/100). Selain itu, terdapat peningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah mahasiswa, baik dalam struktur maupun akurasi sitasi. Dampak positif dari pelatihan ini juga dirasakan oleh universitas, dengan peningkatan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah yang berkontribusi pada reputasi akademik institusi. Tantangan yang dihadapi selama pelatihan, sepertiketerbatasanteknis dan akses internet, diatasi melalui solusi praktis seperti pendampingan teknis dan fasilitas internet yang memadai. Denganhasil yang positifini, program pelatihan serupa direkomendasikan untuk diadakan secara rutin dan diperluas cakupannya, serta dilengkapi dengan pelatihan lanjutan dan fasilitas pendukung yang lebihbaik. Implikasi dari pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam penelitian tetapi juga memperkuatposisi Universitas Dharmawangsa sebagai institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen pada kualitas akademik.
Copyrights © 2024