Untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan memperkuat komunitas desa, pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah cara yang strategis untuk mengembangkan SDM penduduk Desa Wisata Pantai Cermin. Pelatihan MSDM harus mencakup berbagai aspek pariwisata, seperti manajemen, pemasaran, dan akuntansi. Penelitian menunjukkan bahwa pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat telah menggunakan waktu sekitar beberapa tahun untuk meningkatkan kapasitas, terutama dalam pengembangan sumber daya manusia. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran eksperimensial, pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat setempat diperoleh. Fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan harus termasuk dalam strategi pengembangan SDM. Untuk pertumbuhan pariwisata yang sukses, semua stakeholder harus bekerja sama dengan baik. Media sosial sebagai alat promosi dapat meningkatkan jangkauan dan keberhasilan iklan desa wisata. Salah satu pencapaian yang signifikan dari pelatihan adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan penduduk desa wisata tentang manajemen pariwisata, peningkatan kualitas produk wisata, dan peningkatan koordinasi antar stakeholder. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penduduk desa wisata tentang manajemen pariwisata, meningkatkan kualitas produk wisata, dan meningkatkan koordinasi antar stakeholder.
Copyrights © 2024