Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak sejak usia dini. Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal seperti Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) berkontribusi dalam membangun pemahaman keagamaan anak. Namun, pembelajaran di TPQ sering kali menghadapi tantangan dalam metode dan strategi pengajaran yang kurang variatif, sehingga anak-anak mudah bosan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kualitas pengajaran melalui metode yang inovatif dan strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk seminar oleh mahasiswa KKN STIK Kendal kelompok VIII di Desa Gemuhblanten, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, dengan evaluasi pemahaman peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman strategi dan metode pembelajaran dari 30% sebelum pelatihan menjadi 90% setelahnya. Selain itu, partisipasi aktif peserta dalam diskusi mencapai 80%. Seminar ini berhasil meningkatkan pemahaman guru TPQ dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan di desa tersebut.
Copyrights © 2023