Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 10 No. 2 (2023)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN EFEKTIVITAS KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING

Aprianto, Abet Nego (Unknown)
Hutajulu, Shely Theo Claudia (Unknown)
Kurniawan, Hosea Sabat (Unknown)
Lukas, Samuel (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Saat ini, pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perubahan dalam berbagai bidang, terutama bidang pendidikan. Agar penyampaian pengetahuan kepada siswa dapat berlangsung dengan baik, dibutuhkan adanya kinerja yang baik dari guru. Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru, diantaranya adalah pemanfaatan Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan Learning Management System (LMS) dengan efektivitas kinerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui pemberian kuesioner kepada seluruh guru jenjang SMP-SMA Sekolah XYZ kota Jakarta yang berjumlah 31 orang dengan pilihan jawaban dikategorikan dalam Skala Likert 1-5. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Data yang didapat kemudian diolah melalui uji Validitas dan Reliabilitas, serta uji Korelasi dan Regresi Linear. Hasil analisis korelasi diperoleh ada hubungan pemanfaatan LMS dengan Kinerja guru. Analisis regresi linear diperoleh ada pengaruh tingkat pemanfaatan LMS Moodle terhadap efektifitas kinerja guru dalam pembelajaran daring dengan koefisient determinasi 18%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The aim dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...