Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 1 (2024)

PENERAPAN LKS OCEANIC BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA

Nuriyani, Indra (Unknown)
Sari, Dhita Ayu Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Literasi sains didefinisikan sebagai keterampilan berpikir secara ilmiah untuk memahami konsep sains. Literasi sains berperan penting sebagai pengembangan individu agar mengenal ruang lingkup sains dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan literasi sains siswa setelah menerapkan LKS oceanic berbasis saintifik pada sub materi interaksi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian poor experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berupa satu kelas perlakuan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dengan menggunakan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest literasi sains dengan nilai N-Gain sebesar 0.71 dalam kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan LKS oceanic berbasis saintifik pada sub materi interaksi makhluk hidup dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The aim dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...