JURNAL PENDIDIKAN DASAR
Vol 7, No 2 (2016)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Fatahullah, M. Mirza (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2017

Abstract

Abstract: This study aimed to determine the effect of the application of adobe flash based animation learning media and critical thinking skills on social studies learning achievement of the four grade elementary school students City of Parepare. This research was Post - Test Only Control Group Design and the data were analyzed by using two-way ANOVA. The results showed that: (1) there were significant differences in learning achievement between the students taught by using adobe flash based animation learning media and those by powerpoint based learning media. (2) there was a significant interactional effect of the implementation of the learning media and the students’ critical thinking skills. (3) in the group of students who have high critical thinking skills, there were significant differences in social studies learning achievement between the students taught by using adobe flash based animation learning media and those by powerpoint based learning media. (4) in the group of students who have low critical thinking skills, there were significant differences in social studies learning achievement between the students taught by using adobe flash based animation learning media and those by powerpoint based learning media.Keywords: adobe flash based animation learning media, critical thinking skills, social studies learning achievementAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran animasi berbasis adobe flash dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV sekolah dasar Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian Post-Test Only Control Group Design serta menggunakan metode analisis data Anava dua jalur atau faktorial 2 x 2. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1), terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok media pembelajaran animasi berbasis adobe flash dan kelompok media pembelajaran berbasis powerpoint. (2), terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. (3), kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok siswa yang mengikuti media pembelajaran animasi berbasis adobe flash dan kelompok siswa yang mengikuti media pembelajaran berbasis powerpoint. (4), kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok siswa yang mengikuti media pembelajaran animasi berbasis adobe flash dan kelompok siswa yang mengikuti media pembelajaran berbasis powerpoint.Kata kunci: media pembelajaran animasi berbasis adobe flash, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPS

Copyrights © 2016