Jurnal Bisnis Digital
Vol 1, No 2 (2021): Edisi Juli - Desember 2021

PENGARUH LOKASI DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. LAMBARONA SAKTI ACEH BESAR

Gunawan, Gunawan (Unknown)
Zulfan, Teuku (Unknown)
Aminah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh lokasi dan citra merek terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda pada PT. Lambarona Sakti Aceh Besar. Rancangan penelitian ini adalah survey. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat memberikan penjelasan tentang hubungan antar variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 84 responden. Variabel-variabel lokasi, citra merek dan loyalitas konsumen diukur dengan menggunakan skala Likert, dan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke responden. Analisis data menggunakan analisis statistik model korelasi dan regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Untuk menguji setiap item pada setiap variabel telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara lokasi dan citra merek terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda pada PT. Lambarona Sakti Aceh Besar sebesar 0.667 atau 66,7% dan 0.444 atau 44,4% nya dipengaruhi oleh variabel lain. Setelah dilakukan uji F diperoleh angka Fhitung (32.378) Ftabel (3.111) dan uji signifikansi bahwa p value sebesar 0.000 p yang ditetapkan sebesar 0.05 yang berarti signifikan. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sebesar 0.440 atau 44,0%. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sebesar 0.329 atau 32,9%. Setelah dilakukan uji t menunjukkan bahwa: lokasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen sebesar thitung 3.522 ttabel 1.990 dan p value 0.000 dari 0.05 berarti signifikan. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sebesar thitung 2.144 ttabel 1.990 dan p value 0.006 dari 0.05 berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan lokasi dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda pada PT. Lambarona Sakti Aceh Besar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bidig

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Social Sciences

Description

BIDIG: Jurnal BIsnis DIGital�is a double-blind peer-reviewed journal published by Digital Business Department, Economic Faculty, University of Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh, Indonesia. Facus BIDIG: Jurnal BIsnis DIGital, the journal publishes research articles, conceptual articles, and book ...