Islam Universalia : International Journal of Islamic Studies and Social Sciences
Vol 5 No 2 (2023): Islam Universalia

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Falah Aceh Barat

Saputra, Rahmat (Unknown)
Sari, Adila (Unknown)
Rezieka, Dara Gebrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui boneka tangan. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Tahapan perencanaan penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun di RA Nurul Falah Aceh Barat. Pengumpulan data dilakukan melaui observasi, dokumentasi. Analisis data dilaukan secara deskiptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tangan mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Falah Aceh Barat pada tahun ajaran 2023/2024. Peningkatan ini terlihat dari perbandingan antara prasiklus dan siklus I, serta hasil yang lebih optimal pada siklus II. Pada siklus II, sebanyak 50% anak mencapai kategori BSB (Berkembang Sangat Baik), sementara 50% lainnya berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus ini dapat dikatakan berhasil. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa penggunaan media boneka tangan oleh guru TK dapat secara efektif meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Islam-Universalia

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Islam Universalia is an international journal published by the Cyber Dakwah. It specializes in Islamic studies and social sciences in various scientific fields and is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholars ...