Phinisi Integration Review
Volume 8 Nomor 3 Tahun 2025

UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI UPT SPF NEGERI 24 MAKASSAR

Putri, Ashara Nurlidya (Unknown)
Balkis, Syarifah (Unknown)
Falihin, Dalilul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan model Project Based Learning PjBL di kelas IX-1 UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar. 2) Meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa di kelas IX-1 UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar. 3) Upaya peningkatan efektivitas penerapan PjBL dalam mata pelajaran IPS kelas IX-1 UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar. Jenis penelitian yang digunaakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model PjBL telah diterapkan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek dengan partisipasi aktif peserta didik dalam kerja kelompok. 2) Keterampilan kolaborasi siswa terlihat dalam bentuk kemampuan bekerja sama, beradaptasi dalam kelompok, menunjukkan empati, bertanggung jawab atas tugasnya, dan mampu berkompromi untuk menyelesaikan proyek bersama. 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan efektivitas PjBL antara lain melalui pembentukan kelompok heterogen, pemberian tugas berbasis proyek yang kontekstual, penggunaan rubrik penilaian kolaboratif, serta pemberian refleksi sebagai umpan balik terhadap proses kerja sama kelompok.This study aims to 1) Describe the implementation of the Project Based Learning (PjBL) model in class IX-1 at UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar; 2) Improve the collaborative skills of students in class IX-1; and 3) Explore efforts to enhance the effectiveness of PjBL implementation in the Social Studies subject of class IX-1 at UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar. This research used a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. The findings of the study revealed that: 1) The implementation of the PjBL model was carried out through the stages of planning, execution, and evaluation of the project, with active student participation in group work; 2) Students’ collaborative skills were evident in their ability to cooperate, adapt within the group, show empathy, take responsibility for their tasks, and compromise to complete projects collectively; 3) Efforts to improve the effectiveness of PjBL included forming heterogeneous groups, assigning context-based project tasks, using collaborative assessment rubrics, and providing reflective feedback on group collaboration processes.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...