Penilaian menjadi komponen esensial dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menggunakan soal yang berkualitas. Untuk mengetahui apakah berkualitas tidaknya soal, harus dilakukan analisis terhadap soal tersebut. Namun faktanya guru jarang melakukannya termasuk guru di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tentang analisis butir soal dengan aplikasi Anbuso. Metode yang digunakan adalah: penyuluhan, demonstrasi dan difusi ipteks. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pengetahauan dan keterampilan peserta tentang instrumen penilaian. Data awal memperlihatkan masih banyak peserta berada pada kategori kurang dan sangat kurang, namun setelah pelatihan terjadi perubahan signifikan dengan meningkatnya jumlah peserta pada kategori sangat baik hingga mencapai 83%, tidak terdapat lagi peserta berkategori sangat kurang. Berdasarkan hasil yang dicapai, maka perlunya kegiatan serupa dilaksanakan di sekolah lain, agar semakin banyak guru yang terampil dalam menganalisis instrumen penilaian
Copyrights © 2025