Komunita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 4 No 4 (2025): November

Pelatihan Analisis Instrumen Penilaian Pembelajaran dengan Aplikasi AnBuso Di SMP Negeri 21 Banjarmasin

Adawiah, Rabiatul (Unknown)
Sarbaini, Sarbaini (Unknown)
Ruchliyadi, Dian Agus (Unknown)
Hiliadi, Wardiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penilaian menjadi komponen esensial dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menggunakan soal yang berkualitas. Untuk mengetahui apakah berkualitas tidaknya soal, harus dilakukan analisis terhadap soal tersebut. Namun faktanya guru jarang melakukannya termasuk guru di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tentang analisis butir soal dengan aplikasi Anbuso. Metode yang digunakan adalah: penyuluhan, demonstrasi dan difusi ipteks. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pengetahauan dan keterampilan peserta tentang instrumen penilaian. Data awal memperlihatkan masih banyak peserta berada pada kategori kurang dan sangat kurang, namun setelah pelatihan terjadi perubahan signifikan dengan meningkatnya jumlah peserta pada kategori sangat baik hingga mencapai 83%, tidak terdapat lagi peserta berkategori sangat kurang. Berdasarkan hasil yang dicapai, maka perlunya kegiatan serupa dilaksanakan di sekolah lain, agar semakin banyak guru yang terampil dalam menganalisis instrumen penilaian

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komunita

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian, dengan nomor terdaftar E-ISSN. KOMUNITA adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh PELITA NUSA TENGGARA. Penerbitan jurnal ini akan dilakukan dalam ...