Dalam pendidikan modern, penerapan deep learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA menghadirkan pendekatan inovatif yang lebih reflektif dan kontekstual. Metode ini membuka peluang bagi pengalaman belajar yang lebih bermakna, interaktif, dan relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dasar deep learning, penerapannya dalam pembelajaran PAI, serta efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk menggali secara mendalam berbagai teori, konsep, dan temuan empiris yang relevan dengan topik penelitian, khususnya yang berkaitan dengan deep learning dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini mengkaji berbagai sumber literatur, seperti buku ilmiah, artikel jurnal terakreditasi, prosiding seminar, serta hasil penelitian terdahulu yang memiliki keterkaitan substansial dengan fokus kajian. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan deep learning dapat meningkatkan antusiasme dan partisipasi aktif siswa, memperkuat pemahaman materi secara mendalam, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif. Integrasi teknologi serta peran guru yang kompeten menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi pendekatan ini. Secara keseluruhan, pendekatan deep learning menunjukkan hasil yang efektif dalam membentuk karakter dan kesadaran spiritual yang aplikatif, sehingga mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kehidupan di era modern secara lebih baik dan relevan.
Copyrights © 2025