Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dalam menunjang keterampilan abad ke-21 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 8 Bokat Kabupaten Buol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari satu guru PAI dan dua belas peserta didik kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL berjalan efektif dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan keterampilan abad ke-21 siswa, yang meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Melalui proyek “Membangun Masjid Impian”, siswa belajar secara aktif, kolaboratif, dan kontekstual. Guru berperan sebagai fasilitator dalam membimbing setiap tahapan proyek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Keterampilan kolaborasi dan komunikasi menjadi kompetensi yang paling dominan, sedangkan berpikir kritis dan kreativitas berkembang melalui kegiatan pemecahan masalah dan inovasi desain proyek. Penerapan PJBL terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, rasa percaya diri, serta memperkuat nilai-nilai keagamaan dan karakter siswa
Copyrights © 2025