Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol. 6 No. 2 (2025): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

BASRENG: Inovasi Pembelajaran IPS Berbasis Gamifikasi dan Diferensiasi Soal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Ibrahim, Bagus (Unknown)
Adam, Fakih (Unknown)
Kusumah, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) abad ke-21 menghadapi tantangan berupa keberagaman karakteristik siswa dan rendahnya keterlibatan dalam metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran BASRENG dalam meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandung yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket. Validitas isi instrumen diuji melalui expert judgement oleh dosen pembimbing dan guru pamong. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa perhitungan rata-rata skor tiap indikator. Implementasi BASRENG dilakukan selama tiga sesi pembelajaran berturut-turut tanpa media digital, menggunakan sistem soal bertingkat (ringan-hijau 5 poin, sedang-kuning 10 poin, berat-merah 15 poin) dengan elemen gamifikasi berupa poin dan papan peringkat. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif model BASRENG terhadap pembelajaran IPS dengan skor rata-rata keseluruhan 3,93 (kategori baik). Indikator tertinggi adalah manfaat kerja kelompok (4,20), diikuti motivasi belajar akibat gamifikasi (4,08), kenyamanan menyampaikan pendapat (4,00), dan pemahaman materi (3,44). Model pembelajaran BASRENG efektif meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kenyamanan, sementara diferensiasi soal memberikan ruang bagi keberagaman kemampuan siswa dalam pembelajaran kolaboratif IPS. BASRENG berpotensi menjadi alternatif strategis untuk sekolah dengan sumber daya terbatas dalam mengembangkan pembelajaran IPS yang bermakna dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...