Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan penting implikatif viralitas dan kualitas produk sebagai upaya defensif atas consumer churn agar usaha tersebut sustainability. Pendekatan menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif, dengan mengkaji literatur terkait viralitas dan kualitas produk dalam konteks mempertahankan konsumen. Responden penelitian ini adalah sample acak para pelaku usaha di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viralitas sangat efektif dapat meningkatkan eksposur merek secara signifikan, sementara kualitas produk berperan dalam mempertahankan kepuasan pelanggan. Justru apabila suatu produk tidak mementingkan kualitasnya dan hanya fokus pada viralitas akan membuat brand product tersebut akan cepat kehilangan konsumen karena kepuasan konsumen yang negatif. Kombinasi kedua strategi ini sangat penting atas sustainability suatu perusahaan, terutama dalam menghadapi tantangan pasar yang dinamis. Studi ini memberikan wawasan bagi praktisi bisnis mengenai pentingnya integrasi viralitas dan kualitas produk sebagai yang tidak bisa dipisahkan dan langkah proaktif dalam bisnis.Kata Kunci: Viralitas, Kualitas Produk, Attrition, Consumer Churn, Bisnis, Sustainability.
Copyrights © 2025