JENDELA PENGETAHUAN
Vol 19 No 1 (2026): JENDELA PENGETAHUAN

Peran dan Statregi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa di Sma Negeri 10 Seram Bagian Timur Desa Miran Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur

Rumodar, Ida Royani (Unknown)
Lasaiba, Mohammad Amin (Unknown)
Tetelepta, Edward Gland (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam mengembangkan literasi digital siswa di wilayah terpencil seperti SMA Negeri 10 Seram Bagian Timur. Kondisi geografis yang menantang, terbatasnya infrastruktur, serta minimnya pelatihan guru menjadi hambatan serius dalam penerapan pembelajaran digital. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana peran dan strategi guru dalam meningkatkan literasi digital siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Temuan menunjukkan bahwa guru mampu berperan sebagai fasilitator, motivator, dan teladan etika digital, meskipun dalam keterbatasan perangkat dan jaringan. Strategi seperti Project-Based Learning dan penggunaan WhatsApp untuk distribusi materi secara offline terbukti efektif. Kesimpulan menunjukkan bahwa guru tetap mampu berinovasi dalam membentuk keterampilan digital siswa. Penelitian ini mendorong penguatan pelatihan guru dan penyediaan infrastruktur pendidikan yang lebih adaptif bagi sekolah di daerah tertinggal.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Other

Description

JENDELA PENGETAHUAN was first published in April 2007 (Print ISSN 2979-7842) and is published by the Alumni of the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura in collaboration with LP2M-Maluku. JENDELA PENGETAHUAN serves as a medium of scientific information and communication ...