Baitul Mall Tamwil (BMT) merupakan salah satu jenis lembaga keuangan non bank yang bergerak pada tingkat mikro, seperti koperasi tabungan dan koperasi simpan pinjam. Secara konseptual BMT terbebas dari riba dan juga menerapkan strategi pemasarannya sesuai ketentuan syariah sedemikian rupa hingga timbul hak strategi pemasaran. Promosi BMT Darusalam dilakukan dari mahasiswa, pegawai dan dosen. BMT Darusalam tidak melakukan promosi secara umum dikarenakan BMT Darusalam memiliki ruang lingkup yang cukup luas, tanpa melakukan promosi BMT sudah dikenal mahasiswa di karenakan adanya kebijakan mahasiswa dan mahasiswi untuk menabung di BMT Darussalam. Akan tetapi BMT Darussalam lebih unggul dalam memperoleh nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa adanya strategi pemasaran yang di implementasikan BMT Darussalam ini secara tepat sasaran. Untuk mengetahui sejauh mana Implementasi strategi pemasaran pada BMT Darussalam maka penulis melakukan penelitian terhadap BMT Darussalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field rasearch), bersifat deskriktif, data primer yg digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada manager BMT Darussalam. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa BMT Darussalam menerapkan beberapa strategi pemasaran yakni pemasaran produk dan promosi yang strategi di tunjuk dengan adanya produk unggulan yang berprinsip wadiah dan mudharabah dan ada juga tabungan pembiayaaan pendidikan, tabungan wadimah dan tabungan hari raya. Untuk produk pembiayaan ada masyarakah dan kafalah bil ujrah.
Copyrights © 2024