Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada pelajaran matematika kelas 5B SDN 8 Langkai Palangkaraya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah 6 orang peserta didik, Guru kelas 5B, dan Kepala sekolah. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 8 orang. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa jenis kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan tiga pecahan desimal di SDN 8 Langkai Palangkaraya disebabkan oleh 4 kesulitan yaitu kelemahan dalam berhitung, Kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, pemahaman bahasa matematika yang kurang dan kesulitan dalam presepsi visual.
Copyrights © 2025