Isu globalisasi perekonomian merupakan salah satu isu yang paling penting, bahkan menjadi ruh dalam globalisasi itu sendiri. Globalisasi perekonomian merupakan proses kegiatan pertukaran bisnis dan perdagangan suatu negara yang sistematis, dimana batasan ekonomi suatu negara menjadi bias, karena perekonomian satu negara dipengaruhi oleh perekonomian lainnya. Lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, mempertahankan pelanggan menjadi kunci keberhasilan jangka panjang bagi setiap lembaga keuangan, termasuk perbankan syariah. Loyalitas pelanggan tidak hanya berkontribusi pada stabilitas pendapatan, tetapi juga mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru dan meningkatkan reputasi bank melalui referensi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan persepsi kehalalan terhadap loyalitas nasabah pada PT. bank SUMUT Capem Syariah H.M Yamin Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. bank SUMUT Capem Syariah H.M Yamin Medan. Dengan teknik sampel Accidental Sampling menggunakan rumus lemeshow diperoleh sampel sebanyak 150 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas layanan dan persepsi kehalalan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. bank SUMUT Capem Syariah H.M Yamin Medan. Selain itu secara simultan kualitas layanan dan persepsi kehalalan memberikan pengaruh sebesar 48,3% terhadap loyalitas nasabah sedangkan sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti promosi, persepsi risiko dan lain lain.
Copyrights © 2026