LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 4 (2025)

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VII DI SMP N 1 LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Saputry, Elisa (Unknown)
Wijaya, Wibi (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

The 21st century demands that students possess critical thinking, communication, collaboration, and complex problem-solving skills. However, classroom learning is still often dominated by teacher-centered lectures, resulting in low student participation and motivation. This study aims to explore the implementation of the Think Pair Share (TPS) learning model in enhancing students’ engagement, creativity, and understanding in Social Studies (IPS) at SMP Negeri 1 Lembah Gumanti. The research employed a descriptive qualitative approach, with data collected through observation, interviews, and documentation. The subjects included the teacher and students of Class VII C, selected using purposive sampling. The findings indicate that the TPS model, implemented through the Think, Pair, and Share stages, effectively increased student participation, critical thinking skills, communication abilities, and self-confidence in expressing opinions. The success of TPS was supported by careful lesson planning, the preparation of teaching modules, student worksheets (LKPD), utilization of supporting media, and teacher guidance. Challenges such as limited time and differences in student abilities could be mitigated through structured teaching strategies. In conclusion, TPS is effective in improving the quality of Social Studies learning and is relevant for application in other classes or subjects. Future research is recommended to combine TPS with other learning models or educational technology to further enhance learning effectiveness. ABSTRAKAbad ke-21 menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi efektif, bekerja sama, serta menyelesaikan masalah yang kompleks. Sayangnya, praktik pembelajaran di sekolah masih banyak menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru, sehingga mengurangi motivasi belajar dan partisipasi siswa. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keterlibatan, kreativitas, dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 1 Lembah Gumanti. Pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas VII C, yang dipilih secara purposive agar relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPS melalui tahapan Think, Pair, dan Share berhasil menstimulasi keaktifan siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, serta rasa percaya diri dalam menyampaikan ide. Keberhasilan ini didukung oleh perencanaan pembelajaran yang terstruktur, penyusunan modul ajar dan lembar kerja peserta didik (LKPD), pemanfaatan media pembelajaran pendukung, serta bimbingan guru secara langsung. Beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan perbedaan tingkat kemampuan siswa, dapat diminimalkan dengan strategi pembelajaran yang sistematis. Secara keseluruhan, TPS terbukti efektif dalam memperbaiki kualitas proses belajar mengajar di IPS, dan model ini memiliki potensi untuk diterapkan pada kelas atau mata pelajaran lain. Penelitian berikutnya disarankan menggabungkan TPS dengan model pembelajaran lain atau teknologi pendidikan untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa lebih jauh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...