SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 4 (2025)

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNINGPADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMA DAN PERSAMAAN REAKSI KIMIA UNTUK SMTI PADANG

Ayu, Putri (Unknown)
Aini, Syamsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

This research was motivated by the learning difficulties experienced by Phase E students of SMTI Padang in the Nomenclature of Chemical Compounds and Reaction Equations material, as well as the use of conventional teaching media that have not integrated Problem-Based Learning (PBL) as required by the Independent Curriculum. The focus of this research is to analyze the need to develop PBL-based Electronic Student Worksheets (e-LKPD) to address these issues. The key stages of the research adopted the 4-D Research and Development (R&D) model, but were limited to the Define stage. At this stage, data collection was conducted through structured interviews with three Industrial Chemical Engineering (TKI) teachers and the distribution of needs questionnaires to 56 11th-grade students. The main findings of this analysis confirmed the existence of problems in the field, where more than half of the students (53.6% in nomenclature and 52.6% in reaction equations) experienced difficulties in understanding. Furthermore, key findings indicated an urgent need and high interest (89.3%) among students in interactive e-LKPD. Thus, it is concluded that PBL-based e-LKPD is a much-needed solution and is appropriate for student characteristics, material complexity, and current technological developments. ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar yang dialami peserta didik Fase E SMTI Padang pada materi Tata Nama Senyawa Kimia dan Persamaan Reaksi, serta penggunaan media ajar konvensional yang belum mengintegrasikan Problem Based Learning (PBL) sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka. Fokus penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis PBL untuk mengatasi masalah tersebut. Tahapan penting penelitian mengadopsi metode Research and Development (R&D) model 4-D, namun dibatasi hanya pada tahap Define (pendefenisian). Pada tahap ini, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dengan 3 guru Teknik Kimia Industri (TKI) dan penyebaran angket kebutuhan kepada 56 peserta didik kelas XI. Temuan utama dari analisis ini mengkonfirmasi adanya masalah di lapangan, di mana lebih dari separuh siswa (53,6% pada tata nama dan 52,6% pada persamaan reaksi) mengalami kendala pemahaman. Selain itu, temuan kunci menunjukkan adanya kebutuhan mendesak dan minat tinggi (89,3%) dari siswa terhadap e-LKPD interaktif. Dengan demikian, disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis PBL merupakan solusi yang sangat dibutuhkan dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, kompleksitas materi, serta perkembangan teknologi saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...