Berkembangnya teknologi digital menuntut inovasi dalam pembelajaran matematika agar lebih interaktif dan kontekstual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemanfaatan media digital serta belum terintegrasinya budaya lokal dalam pembelajaran matematika di SD Swasta Pesantren (SDSP) Assalam Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media flipbook berbasis etnomatematika budaya lokal Kota Pontianak pada materi bangun datar kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi analisis kebutuhan yang mencakup lima tahap, yaitu analisis awal, analisis karakteristik peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru matematika serta analisis perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran masih didominasi buku cetak, sementara media digital belum dimanfaatkan secara optimal. Peserta didik lebih tertarik pada pembelajaran berbasis teknologi dan membutuhkan media yang kontekstual dengan budaya lokal. Oleh karena itu, pengembangan flipbook berbasis etnomatematika dipandang relevan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi antara teknologi digital dan kearifan budaya lokal sebagai upaya mewujudkan pembelajaran matematika yang bermakna, kontekstual, dan berkarakter.
Copyrights © 2025